Perkedel Ikan Tongkol Cemilan Sehat dan Enak Untuk Anak-Anak

6 Nov 2016

Indonesia sebagai negara maritim menghasilkan banyak sekali sumber daya ikan tapi sayang sekali masih banyak orang Indonesia yang belum mengkonsumsi ikan. Berdasarkan FAO Indonesia berasa di peringkat  ke 5 dalam mengkomsusi ikan di ASEAN. 

Dengan kondisi sekarang, Ibu Susi menyebut, daya konsumsi masyarakat Indonesia terhadap ikan masih jauh di bawah rerata masyarakat Jepang. Saat ini, tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih sekitar 40 kilogram per tahun per orang, dan sementara di Jepang sudah mencapai 80 kg per orang per tahun. “Itu jumlah yang rendah. Kita harus bisa meningkatkan daya konsumsi ikan. Karenanya, kita harus gemar makan ikan,” jelas dia.

Oleh karena itu Kementerian Kelautan & Perikanan gencar melakukan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)

Ibu Susi pun sebagai Menteri Kementrian Kelautan & Perikanan berpendapat dengan banyak mengonsumsi ikan, maka intelegensia anak-anak akan meningkat dan itu bagus untuk masa depan bangsa.

Hanya saja, kadang anak-anak tidak suka makan ikan, padahal kandungan gizinya sangat bagus. Salah satu solusi agar anak-anak mau makan ikan  adalah mencampur daging ikan dengan bahan baku lainnya.

Kali ini saya akan berbagi resep perkedel ikan yang mudah dibuat dan pasti anak-anak akan suka. Kenapa tongkol? karena tongkol mempunyai 5 manfaat  untuk anak-anak.

5 manfaat ikan tongkol untuk anak-anak :

1. Menjaga kesehatan mata

Ikan memiliki DHA yang baik untuk kesehatan mata anak-anak. Mata jadi lebih tajam jadi tidak perlu mengunakan kaca mata

2. Menambah zat besi

Dengan kandunganzat besi di ikan maka anak-anak terhindar dari kekurangan anemia.

3. Meningkatkakn pengetahuan kognitif

Omega 3 di ikan bisa meningkatakan kognitif anak.

4. Mengandung protein yang tinggi

Ikan tongkol salah saru ikan yan mengandung protein yang tinggi dengan protein yang tinggi menambah daya tahan tubuh.memperkuat otot dan memberikan energi untuk tubuh

5. Meningkatkan kecerdasan

Kandungan omega 3 bisa menambah kecerdasan anak.

 

Baik, berikut resep perkedel ikan tongkol untuk anak-anak :

Bahan-bahan :

  • 100 gram kentang, goreng dan lumatkan
  • 50 gram ikan tongkol, digoreng setengah matang kemudian disuwir-suwir halus
  • 1 butir telur ayam lalu dikocok
  • 1 tangkai daun bawang lalu diiris halus
  • 250ml minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus  :

  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir bawang putih
  • 1/4 sdt merica 
  • 1/4 sdt ketumbar
  • garam secukupnya
  • semua bumbu halus diulek hingga tercampur rata

Cara membuat :

1.  Campur kentang dengan bumbu halus, tongkol dan daun bawang. Aduk rata.

2.  Lalu bentuk adonan sesuai dengan selera

3. Panaskan minyak. Celup perkedel tongkol dalam kocokan telur dan goreng dalam mintak panas hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

4. Sajikan perkedel tongkol dipiring kecil dalam keadaan hangat.

 

Resep untuk 4 porsi

Nilai gizi perporsi :

Energi : 87,7 kkal

Protein : 5,5 gram

Lemak : 4,3 gram

Karbohidrat : 6,8 gram

 

Bagaimana mudahkan? Untuk memandu teman-teman saya juga membuat video cara membuat perkedel ikan tongkol.

 Saya ada cerita unik setelah memasak perkedel ini, jadi ada sepupu saya namanya Rahman, dia tipe orang yang ga suka ikan, karena dia taunya saya memasak perkedel jadi dia makan dengan lahap perkedelnya, dan bilang enak malah sampe nambah. Setelah saya kasih tau dia kaget   he he.

Lain lagi dengan sepupu saya namanya Suci. Dari kecil suci menyukai ikan karena ikan itu enak, buat badan sehat, dan pintar. Ga heran kan setengah  piring habis dimakan dia sendiri he he

Selain memakan makanan berbahan dasar ikan, Suci pun meminum susu Nutri Day rasa coklat yang berkomposisi 10 vitamin dan 6 mineral dengan kandungan kalsium yang tinggi dan rendah lemak bisa melengkapi gizi sehari -hari.

 

 

Sesuai dengan anjuran Ahli Gizi, dr Inge Permadhy di acara Nutrsi Untuk Bangsa. “Susu perlu dikomsumsi tiap hari karena memiliki kandungan gizi yang lengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan” ujar bu Inge

Oh ya sebagai referensi untuk menu makanan laut lainnya, teman-teman bisa berkunjung ke web SariHusada.co.id, didalam web tersedia artikel para bunda & yanda berbagi tips mengenai parenting dan juga resep-resep bergizi untuk anak-anak. 

Dengan adanya Jelajah Gizi teman-teman bisa tau betapa banyak keanekaragaman menu dan olahan dari masing-masing daerah. Tahun ini, tema Jelahah Gizi adalah Jelajah Gizi Minahasa.Kenapa dipilih Minahasa karena Minahasa memiliki sumber daya laut dan banyak keanekaragaman hasil olahan laut. Pastinya enak-enak.

Mau mencoba ? Jangan lupa pantengin timeline Nutrisi Untuk Bangsa untuk medapat update terbaru

 


TAGS Jelajah Gizi Jelajah Gizi Minahasa Sarihusada Nutrisi Untuk Bangsa


-

Search

ARTIKEL TERBARU