Berpetualang Bersama Komunitas CommuterLine Di Depo Depok

5 Feb 2016

Siapa yang belum pernah naik kereta api? ayuuukk ngajung…he he. KLo belum sayang sekali karena naik kereta api seru looh.

Selain ke luar kota atau ke Jabotabek saya suka naik kereta api walau ga terlalu sering. Menurut saya, naik kereta api solusi cepat untuk kedaerah tertentu selain cepat,murah dan sekarang ini sudah lebih nyaman,ga seperti jaman dulu harus berdesak-desak kan dengan lawan jenis. Gerbong wanita membantu banget untuk para ibu-ibu/wanita.

Khusus kereta api Jabotabek operasional dibawah PT KAI Commuter Jabotabek (KJC). Hanya masih banyak yang belum tau aktivitas PT KCJ termasuk saya he he. Apa saja yang PT KCJ  lakukan agar komuter berjalan dengan baik, aman dan nyaman.

Pas banget tgl 30 Januari 2016, saya dan beserta komunitas kereta api menghadiri acara gathering PT KCJ untuk melihat depok Depok.

 

Berkumpul di stasiun Depok lama, saya dan teman-teman komunitas lanjut ke depo Depok. Ini pertama kalinya saya ikut acara komunitas kereta, dan pertama kali juga ke depo Depok. Jarang depo Depok dibuka secara umum. depo Depok adalah depo terbesar di asia tenggara dengan luas sekitar 26 hektar sekitar 336 satuan kereta. Disini tempat pemeliharaan dan perawatan harian dan bulanan komuterline.

Di acara ini kami pun diberi kesempatan untuk berkeliling depo Depok melihat perawatan kereta serta pengistirahatan kereta dan kuburan kereta tempat kereta-kereta yang sudah tidak dipakai lagi.

Ditengah acara kami diberi kesempatan untuk berkenalan dengan para masinis dari East Japan Railaway Company (JR East) memberikan pelatihan bagi masinis PT KCJ untuk keselamatan dan operasional kereta.

PT KCJ mempunyai tujuan untuk mewujudkan jasa angkutan kereta api komuter sebagai pilhan utama dan terbaik. Dengan menambah pelayanan, fasilitas dan membuat fitur-fitur terkini seperti:

- Aplikasi di android untuk melihat jadwal kereta api.

- Kehadiran vending machine yang digunakan oleh calon penumpang krl untuk mengisi ulanng KMT sekaligus mesin untuk membeli dan merefund tiket harian berjaminan (THB).

- Penambahan jumlah kereta dalam satu rangkaian sehingga makin banyak membawa penumpang.

- Penambahan fasilitas fan di gerbong agar hawa di dalam tidak terlalu panas ketika banyak penumpang yang naik dan fasilitas-fasilitas tambahan yang lain.

Melihat perkembangan PT KCJ saya optimis masyarakat umum bisa dengan aman dan nyaman mengunakan komuterline sebagai transportasi sehari-hari. Tetap terus berkembang, melakukan inovasi PT KCJ kami tunggu gebrakan selanjutnya.

 


TAGS Depo Depok Kereta Api Komunitas


-

Search

ARTIKEL TERBARU