Toleransi Antar Agama (Review Film Bulan Terbelah di Langit Amerika)

21 Dec 2015

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang merupakan Novel National Bestseller tahun 2014. Penulis bukunya, Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra,

Film garapan sutradara Rizal Mantovani diakui sebagai film andalan Maxima Pictures

Bulan Terbelah di Langit Amerika bercerita mengenai perjalanan Hanum (Acha Septriasa) dan Rangga (Abimana Aryasatya) di New York, Amerika Serikat

Hanum medapat tugas dari kantor untuk mengetahui apakah pertanyaan dunia “Apakah dunia lebih baik tanpa Islam?”

Mulailah petualangan Hanum mengungkap berbagai fakta tersembunyi di balik tragedi 9/11

Berkaitan dengan film sebelumnya, film Bulan Terbelah di Langit Amerika lekat dengan pesan moral dalam agama Islam, terutama tentang keteguhan hati dan toleransi antaragama. 

 Diawal film ada momen yg bikin saya terharu yaitu ketika  seorang ayah memberi hadiah sebuah Al Quran ke anaknya sebagai kado ulang tahun…menurut saya hal seperti ini langka. Bisa jadi untuk orang-orang tertentu sudah biasa klo saya pribadi jarang melihat kondisi seperti ini. Setau saya sering Alquran dikasih sebagai hadiah ketika lamaran atau ijab kabul. :) 

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika juga salah satu film yang membuat penonton menangis tersedu-sedu :P Beberapa adegan membuat penonton harus menyeka pipi. Jadi sebelum menonton jangan lupa bawa TISU he he

Yang paling saya suka klo menonton film yang ada sejarah Islamnya, kita akan mendapat informasi baru. Bagi teman-teman yang belum tau digedung Mahkamah Agung AS terdapat patung Nabi Muhammad SAW yang terbuat dari batu pualam yang dipajang bersama 18 tokoh lainnya sebagai tokoh paling berpengaruh. 

 

Pelajaran dari Film Bulan Terbelah di Langit Amerika menurut pendapat saya  :

1. Menghilangkan islamophibia, jangan menyamakan semua muslim adalah teroris.

2. Agama Islam tidak pernah mengajarkan kekerasan dan melakukan hal-hal yang kejam.

3. Perlunya toleransi beragama.

4. Keharmonisan dalam berrumahtangga. 

5. Diingatkan betapa pentingnya komitmen dalam hubungan asmara.

 

Tidak bisa dipungkiri film ini ada plus minusnya. Kekurangan Film Bulan Terbelah di Langit Amerika menurut saya ada adegan-adegan yang sangat dipaksa alur cerita seperti :  

1. Hal-hal yang menurut saya nganjil di film ini adalah ketika seorang ibu sesak napas, lalu akhirnya dia menjatuhkan diri dari atas gedung. Klo pun ada orang yang sesak napas ditengah keos nya keadaan ga begitu juga.

2. Pesan berkomitmen untuk menikah antara  Stefan (Nino Fernandez)dengan sang kekasih, Jasmine (Hannah Al Rashid) yang dibuat secara tidak smooth.

Untuk teman-teman yang ingin menonton dan melihat lebih jelas alur cerita film Bulan Terbelah di Langit Amerika. Film ini sudah mulai tayang pada 17 desember 2015 kemarin looh ..Jadi jangan ketinggalan :)


TAGS Film Bulan Terbelah di Langit Amerika Review Film Bulan Terbelah di Langit Amerika Bulan Terbelah di Langit Amerika Nonton Bareng


-

Search

ARTIKEL TERBARU